Memperingati Maulid Nabi Ala TKI Di Malaysia

Sunday, 5 February 2012

Setiap tahunnya umat Islam di seluruh dunia akan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabi'ul Awwal dalam penanggalan Hijriyah. Sedangkan perayaan Maulid Nabi ini merupakan tradisi Islam jauh setelah Baginda wafat.

Setiap daerah maupun negara di seluruh dunia berbeda dalam merayakan peringatan Maulid Nabi ini. Kalau di Jawa peringatan Maulid Nabi terkenal dengan Sekatennya, Sedangkan di Malaysia Peringatan Maulid Nabi di isi dengan acara karnaval/ perarakan sambil membaca sholawat dan juga di adakan berbagai ceramah Agama. Tapi pada intinya semua umat Islam dimana saja mengadakan Maulid Nabi sebagai bentuk rasa hormat dan cinta terhadap Nabi Muhammad SAW.

Jika TKI Di Malaysia Bermaulidan
Di kalangan TKI , peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW ada yang menyebut Maulidan, Maulidur Rosul atau Muludan menurut dialek dan kebiasaan dari mana TKI tersebut berasal. Dan peringatan Maulid ini di adakan secara sederhana dan ala kadarnya saja, Tapi ada juga yang merayakan Maulid Nabi serentak dengan Ceramah Agama yang penceramahnya di datangkan langsung dari Indonesia. Tapi untuk acara ceramah ini biasanya cuma di adakan di dalam kawasan bangunan saja, yang sebelumnya sudah meminta izin terlebih dahulu terhadap pihak terkait

.13284510012041032940

Bagi TKI yang tinggal di daerah rumah kongsi (rumah penampungan di dalam kawasan bangunan), Biasanya di adakan secara kolektif per kepala kerja dan di adakan secara bergilir-gilir dalam satu hari. Biasanya diadakan pada hari libur kerja selama bulan Rabi'ul Awwal, dan tidak menutup kemungkinan dalam seharinya para TKI akan mengahadiri 5-7 acara Maulidan.

Sedangkan bagi TKI yang tinggal di rumah sewa (di luar kawasan bangunan), mereka mengadakan peringatan Maulid Nabi setelah sholat Maghrib. Tapi sebelumnya mengadakan acara tersebut, mereka  telah mengadakan  perbincangan dan konfirmasi dengan para TKI terdekat agar acaranya tidak berbenturan.
Pembacaan Sholawat dan Syair Barzanji
Seperti mana Maulidan di Indonesia, Para TKI yang telah di undang sebelumnya akan berkumpul di rumah/ tempat yang telah di tentukan. Setelah semuanya berkumpul, pihak tuan rumah akan mengeluarkan semua yang telah di siapkan sebelumnya seperti aneka buah-buahan, jenis kue-kue, nasi pulut kuning bahkan nasi Kebuli yang di hiasi bunga-bungaan.

13284510781850261492

Setelah itu orang yang ditunjuk untuk mengendalikan acara akan berceramah sebentar mengenai sejarah maulid Nabi, Terus di lanjutkan dengan pembacaan Al-Fatihah dan pembacaan Sholawat. Setelah itu baru di lanjutkan pembacaan Syair Barzanji dan kemudian di tutup dengan do'a. Mengenai pembacaan Syair Barzanji, ada yang dibaca secara ringkas dan sederhana saja. Tapi ada juga yang di teruskan dengan Mahallul Qiyam yaitu pembacaan Syair Barzanji sambil berdiri.

13284511511295474706

Baru setelah itu hidangan di keluarkan dan di selingi dengan acara pembagian buah-buahan dan kue-kue yang di keluarkan tadi.
Banyak hikmah dan manfaat dengan di adakan acara peringatan Maulid Nabi ini. Di samping mengharapkan barokah dan syafaat Nabi Muhammad SAW, juga sebagai ajang tempat untuk mengeratkan hubungan silatur rahmi sesama TKI.

Selamat Menyambut Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW 1434 H
Kepada para teman-teman yang Beragama Islam

3 komentar:

  1. Anonymous said...:

    waaaaaah banyak banget pisangnya mas.. :)
    semalem saya dan temen2 juga hadir di Maulid Nabi yg di adakan anak2 Konslet mas...

    Postingannya hidup banget...:)

  1. mahfudz tejani said...:

    Terima kasih mas Agus..!!
    wah kok nggak ngajak-ngajak ya..

    he..he..

  1. Unknown said...:

    mantap gan, isya allah disinipun kita akan mengadakan nya tapi alakedar aja...

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani