TKI : Menggali Harapan Bersama Universitas Terbuka

Wednesday, 21 March 2012




Foto Bersama setelah Orientasi

Dengan misi untuk mempeluas kesempatan belajar bagi masyarakat pada jenjang pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan kemitraan dengan masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang berbasis pengetahuan (knowledge based society).Unit program belajar jarak jauh Universitas terbuka (UPBJJ-UT) Batam telah meresmikan Kelompok Belajar Kuala lumpur (POKJAR-KL) pada tanggal 11 Maret 2012 di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur.

POKJAR-KL  merupakan cabang kedua UT-Batam setelah POKJAR- Johor baru di Malaysia, Dan rencana selanjutnya juga UT-Batam  akan merencanakan membuka Pokjar Baru yaitu di pulau Pinang.Perlu juga di ketahui bahwa UPBJJ-UT Batam membawahi wilayah kerja mencakupi Kepulauan Riau, Singapura dan Malaysia.

Orientasi Studi Mahasiswa Baru UT-Pokjar KL
Dengan berbekalkan semangat Supersemar (11 Maret), Orientasi secara resminya di buka oleh Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Prof.Rusdi.MA,PhD dan Kepala UPBJJ UT-Batam Paken Pandiangan S.Si,M.Si di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur. 

Dalam acara yang cukup sederhana  di awali dengan pemasangan jaket kepada dua mahasiswa pria dan perempuan yang secara kebetulan adalah TKI. secara simboliknya menandakan pembukaan Orientasi Studi Mahasiswa angkatan pertama Pokjar UT Kuala Lumpur.

Program studi yang di tawarkan dalam Pokjar UT Kuala Lumpur untuk semester Januari-Juni adalah sebagai berikut :


  1. Program Studi Manajemen (SI), Fakultas Ekonomi sebanyak 20 mahasiswa.

  2. Program Studi Ilmu Komunikasi (S1), Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 20 mahasiswa

  3. Program Studi Sastra Inggris bidang Minat Penerjemahan (S1), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebnyak 12 mahasiswa

  4. Program Studi Ilmu Administrasi Negara (S1) , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmun Politik (Fisip) sebanyak 8 mahasiswa.

Ciri khas sistem pendidikan jarak jauh adalah sistem pembelajaran utama bertumpu pada belajar mandiri seperti belajar mandiri melalui modul, Tutorial online (TUTON) dan sesekali Tutorial tatap muka (Atas permintaan Mahasiswa).Melalui cara ini Mahasiswa mampu melakukan pencarian dengan insentif dan usaha sendiri melalui pengembangan kemampuan untuk menemukan dan melakukan penilaian secara kritis atas bimbingan dan pemantauan Tutor baik secara online dan tatap muka.

Maka dari itu para mahasiswa di ajarkan, Bagaimana untuk melakuakan aktivasi untuk memasuki website UT-Batam, sehingga Mahasiswa di harapkan aktif dalam melakukan proses pembelajaran Online. Keaktifan mahasiswa dalam sistem online akan memberikan kontribusi 35% terhadap nilai akhir sesuai denagan syarat-syarat yang di sepakati.


Harapan TKI Menjadi Mahasiswa UT

1332330835443406164 
Para Mahasiswa UT Pokjar Kuala Lumpur Angkatan Pertama sebanyak 60 orang, terdiri dari para TKI, Ekspatariat dan Ibu Rumnah tangga, Dan dari separuhnya adalah datangnya dari para TKI sendiri yang datang dari berbagai sektor seperti Konstruksi, Pabrik dan Pembantu laksana rumah Tangga (PLRT). 

Mereka begitu antusias sekali mengikuti program studi ini, dengan harapan untuk merubah cara pandang dan masa depan yang lebih baik. Seperti mana kata seorang TKI yang mengikuti program Studi ini yaitu Edy Kurniawan yang berasal dari kediri dalam sektor perkilangan :

" Memanfaatkan waktu yang terbuang di sela-sela liburnya kerja, di samping itu untuk meningkatkan kualitas dan daya saing yang lebih menantang di masa akan datang. Di samping itu untuk memenuhi persyaratan yang di minta dalam pasaran kerja sekrang."

Lain lagi seperti mana yang di katakan Dwi Agnita, dara ayu yang akrab dengan panggilan Nyit-Nyit yang berasal dari kota Gudeg tentang harapannya mengikuti program ini.


"Harapan saya sederhana saja, saya mengikuti Program Universitas Terbuka ini bukan karena ingin menjadi sarjana atau mengharapkan segulung ijazah.Tapi pada intinya dengan mengikuti program ini, pada dasarnya untuk memperkasakan diri dengan harapan suatau hari nanti bisa berbagi dengan sesama dan ingin berpatisipasi dalam memajukan generasi yang akan datang.Sebagai seorang calon ibu, pastinya saya akan memerlukan ilmu untuk membimbing anak-anak saya kelak."

Dalam Orientasi Studi Mahasiswa tersebut, juga dilakukan pemilihan pengurus baru sekaligus di lakukan pelantikan oleh Bapak Paken Pandiangan selaku Kepala UPBJJ UT Batam yang melingkupi Kepulauana Riau, Singapura dan Malaysia.


15 komentar:

  1. Anonymous said...:

    saya suka.....semoga jalan kita di ridhoi Allah SWT
    sukses semua dan tetap semangat ya

  1. mahfudz tejani said...:

    Maju terus jangan patah semangat Mbak Dwi Agnita..

    sukses buat kita semua

  1. Unknown said...:

    ya sukses aja bt teman teman sbb pd dasanya mencari ilmu juga bagian dari ibadah

  1. waty6359 said...:

    mohon infoNa untuk daftar d universitas terbuka,,,,

  1. mahfudz tejani said...:

    Buat Waty359...
    coba baca disini
    http://www.mahfudz-tejani.com/2012/06/universitas-terbuka-kl-kini-lebih.html

    atau hubungi KBRIKL bagian atase pendidikan di 03-211 64123

  1. rama maulana said...:

    klo di johor daftar dmna atau no yg bisa di hubungi..

  1. rama maulana said...:

    klo di johor daftar dmna atau no yg bisa di hubungi..

  1. mahfudz tejani said...:

    Bang Rama @ coba Hubungi Konjen RI di Johor baru

    atau hub:
    Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru

    723 Jl. Taat, Off Jalan Tun Abdul Razak, 80100, Johor Bahru, Johor. Tel : +60-197-902-000. Fax +60-197-751-572 . Fax : +60-197-751-573. Email : kjrijb@tm.net.my

  1. Unknown said...:

    apa mash di buka untk pndaftaran di KL...???

  1. mahfudz tejani said...:

    Bang Rochim Lee @ iya bang masih dibuka untuk intake 2013.2

  1. Anonymous said...:

    assalam. saya ingin ikut UT ini. tetapi saya kat Melaka. adakah UT terdekat . bagaimana cara mendaftarnya? mohon informasinya.
    tolong kirim juga ke email saya
    arisstiowati@yahoo.com. afwan. terimakasih bantuannya

  1. Unknown said...:

    permisi,boleh tanya..?selama program pembelajaran di UT Malaysia,sehari hari menggunakan bahasa apa ya?
    trims...

  1. Unknown said...:

    bahasa apa yg digunakan saat mengikuti pembelajaran di UT Malaysia?
    trims..

  1. Lagu kita said...:

    Kalau kat malakaa di manaa jauhh amat di KL infoo please ....

  1. Unknown said...:

    Mau daftar tapi ijazah masih disekolah gimana pak

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani