Melindungi Facebook Dari Para Hacker

Thursday, 21 February 2013


Apakah anda pernah mengalami ketika mau membuka facebook, Namun akses di sekat dan tidak dibenarkan ? Sedangkan anda sendiri telah memasukkan alamat email dan kata  password yang sah. Atau teman anda memberitahu , bahwa anda telah menulis status yang bukan-bukan sehingga anda di kecam sedemikian hebat sehingga reputasi anda tercalar.

Percayalah ! Anda telah menjadi salah seorang korban dari para hacker. Bagaimana itu bisa terjadi ? Cara yang paling umum yang dilakukan para hacker adalah biasanya kita diminta oleh seseorang yang kita kenali untuk mengklik sebuah video, aplikasi, games, pesan di inbox atau sebuah alamat website di FB. Tanpa kita sadari setelah kita mengklik tautan tersebut, kemungkinan besar virus/malware telah disuntikkan ke komputer kita.

Apa yang kita bisa lakukan untuk menghindarinya ? Cara umumnya adalah menukar password kita, biasakan menggunakan password kombinasi angka dan huruf yang diselang-seling . Scan terlebih dahulu setiap video, foto,games atau aplikasi yang disarankan teman dengan anti virus seperti McAfee, Norton Internet Security, Kaspersky atau Trend Micro. Dan hati-hati apabila mendapat tawaran dari teman FB untuk mengakses game atau aplikasi, karena apabila anda menyetujuinya atau mengkliknya secara otomatis anda membenarkan  informasi penting anda disetujui untuk di publikasikan juga.

Cara Melindungi FB Secara Lebih Khusus :

Mengekalkan Privasi
Umumnya informasi privasi dan hal-hal penting kita tidak mau orang lain banyak yang mengetahuinya. Mulai dari foto-foto pribadi hingga informasi  penting lainnya . Mungkin anda tidak menyadari tentang hal ini dan anda juga mungkin tidak memperdulikannya. Coba anda ketik nama akun di google dan lihat apa yang terjadi pada anda. Namun ada cara untuk menyembunyikannya, caranya adalah :

Coba Klik Beranda > Pengaturan Privasi > di bagian " Anda Ingin Mesin Pencari...." klik sunting > Dan Jangan centang dalam kotak " Izinkan Mesin Pencari......"


Mengontrol Aplikasi
Setiap aplikasi pastinya anda diminta untuk mengklik "Izinkan...." sebelum anda menggunakan applikasi tersebut. Ianya juga berarti bahwa aplikasi tersebut di beri izin untuk mengakses semua informasi anda. Mulai dari biodata anda, catatan, video,pendidikan dan pekerjaan hingga soal politik anda. Untuk mengontrolnya caranya adalah :

Klik Beranda > Pengaturan Privasi > di bagian "Aplikasi Yang Digunakan Orang lain" klik Sunting > setelah itu kosongkan mana-mana kotak yang tidak ingin orang lain mengetahuinya.



Aktifkan Ciri Kronologi dan Penandaan Reviev
Sebaiknya anda putuskan terlebih dahulu sebelum anda sharing dengan orang lain di Kronologi sebelum hal itu di terbitkan. Hal tersebut untuk menghindarkan orang lain terus mendapatkan informasi kita yang tidak sepatutnya. caranya adalah sebagai berikut :

Klik Beranda > Pengaturan Privasi > Kronologi dan Penandaan > Kemudian Sunting di sebelah kanan apa yang Anda patut perlu


Iklan Sosial 
Coba Anda perhatikan ! Ada beberapa iklan di bagian tepi dinding FB  dan sekitar profil FB anda. Iklan sosial ditempatkan dan terpampang bersama dengan  iklan-iklan lainnya. Ianya akan terpasang apabila kita atau teman-teman kita sendiri mengLIKEnya dan kemungkinan ianya tidak selamat untuk informasi penting kita. Untuk menonaktifkan ciri tersebut adalah :

Klik Beranda > Pengaturan Privasi > Iklan > Sunting bagian " Iklan dan Teman " > kemudian pilih "Tak Siapapun" dibagian bawah > Simpan Perubahan


Mengontrol Sesi Aktif
Jangan biarkan orang lain tahu dimana anda berada (Online) dan menggunakan apa anda menggunakan FB. FB membenarkan  anda untuk mengakhiri sesi walaupun anda berubah tempat. Anda  bisa memilih  untuk menerima notifikasi  melalui SMS atau email apabila komputer atau HP baru mendaftar menggunakan akun anda. Sesi ini juga memberikan dan menerima informasi aktivitas terakhir , waktu dan lokasi anda menggunakan FB. Untuk menonaktifkan sesi ini adalah :

Klik Beranda > Pengaturan Akun > Keamanan > Sesi Aktif > Sunting > lakukan apa yang anda maukan

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani