Universitas Terbuka Jembatan TKI Lebih Profesional

Tuesday, 26 February 2013

Wajah-wajah para TKI yang hauskan Pendidikan
Persepsi tentang TKI sebagai warga kelas kedua yang identik dengan dengan seribu macam persoalan, mulai dari kasus penderaan, pembunuhan, pemerkosaan bahkan kasus tak terbayar gajinya. Mungkin persepsi itu akan sedikit demi sedikit terhakis dan memudar apabila contoh keberhasilan dan kegiatan positif juga di beritakan secara seimbang. baik oleh media dalam negeri maupun media negara para TKI bekerja.

Salah satu kegiatan positif para TKI di Malaysia adalah tetap bersemangat mengejar akses pendidikan didalam sela-sela kesibukan bekerjanya. Mulai dari ikut pelatihan-pelatihan keterampilan diri sampai menyempatkan waktunya untuk kuliah . Istilahnya adalah bekerja sambil kuliah bukan kuliah sambil bekerja, atau dalam peribahasanya sambil menyelam minum air. Artinya sukses dalam bekerja dan apabila pulang kampung membawa gelar sarjana.

Akses pendidikan yang mampu dicapai secara fleksibel oleh para TKI di Malaysia adalah Universitas Terbuka. Karena waktu belajar dan tutorial dapat di sesuaikan sendiri oleh para TKI itu sendiri tanpa di halangi oleh jarak dan tempat.

Universitas Terbuka Kian Menjadi Pilihan
Universitas Terbuka Indonesia mulai mulai masuk ke Malaysia sekitar tahun 2009, yaitu di Johor Baru. Atas kerjasama Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor baru dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitar Terbuka (UPBJJ-UT) Batam selaku yang membawahi Kepri, Singapura dan Malaysia.

Namun sekarang Universitas Terbuka sudah Kelompok Belajar (Pokjar) Kuala Lumpur yang sudah memasuki semester ke-3 dan Pokjar Pulau Pinang yang sudah memasuki semester ke-2. Sedangkan pokjar Johor Baru sudah memasuki semester akhir.

Universitas Terbuka adalah sebuah universitas negeri yang termasuk dalam katergori universitas Mega. Karena Universitas Terbuka Indonesia mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 100 ribu, yaitu mempunyai 585.700 mahasiswa yang bertebaran di seluruh dunia . Dan Universitas Terbuka Indonesia merupakan Open University ke 8 terbesar di dunia dari 15 universitas mega yang ada.

Universtas Terbuka Pokjar Kuala Lumpur telah memperkenalkan dan menawarkan 10 program studi (S1) dari berbagai fakultas sejak semester yang lalu. Mulai dari program studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan sampai program studi Matematika.

Jembatan TKI Menjadi Lebih Profesional
Senyum-senyum Meyakinkan TKI Kita
Dalam Beberapa sektor di Malaysia, TKI kita kurang berdaya saing apabila di bandingkan dengan tenaga keja asing lainnya. Seperti dalam sektor Pembantu Rumah Tangga (PRT), TKI kita masih kalah apabila di bandingkan dengan tenaga kerja asing dari Filipina.  Yang membedakan adalah faktor komunikasi dan tahap pendidikan mereka.

Dengan adanya Universitas Terbuka, diharapkan menjadi jembatan TKI kita lebih profesional dan lebih berpandangan sistematis dalam menghadapi globalisasi dunia yang kian terbuka.Lebih berdaya saing dan lebih berkemampuan sesuai dengan permintaan pasar mampu tercapai suatu hari nanti.

Dan yang paling penting, TKI yang telah pulang membawa gelar sarjana setelah habis kontrak juga mampu berkecimpung di pasaran kerja Indonesia. Sekurang-kurangnya mampu menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa harus kembali lagi menjadi TKI lagi.

Semoga para TKI kita dimana saja, dengan adanya Universitas Terbuka mampu merealisasikan impian pendidikannya yang tertunda. Selanjutnya para TKI kita lebih profesional sesuia dengan harapan dan permintaan pasaran kerja dunia.

Salam dari Kuala Lumpur

12 komentar:

  1. Unknown said...:

    salah satu cara menuju kesuksesan,,,, AAmiin...

  1. mahfudz tejani said...:

    Pendaftaran untuk semester yang akan datang bisa mulai sekarang..

    yukk berhijrah dan berubah

  1. Amy said...:

    Aku ngiri mas,,,,,,

  1. Unknown said...:

    cara daftarnya gimana syaratnya apa aja?

  1. mahfudz tejani said...:

    Mas Rio = Mas Rio bisa masuk di UT di Medan mas..Kapan datang KL lagi ?

  1. mahfudz tejani said...:

    Mas Fajar @ Syaratnya cukup mudah kok mas..
    diantaranya Passport atau dokumen yang berlaku
    Ijazah SMA atau yang sederajat. Bisa langsung ke KBRI kaunter 26 bagian Pendidikan atau ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)

  1. mahfudz tejani said...:

    Atau lebih lengkapnya persyaratannya di sini

    http://www.mahfudz-tejani.com/2012/06/universitas-terbuka-kl-kini-lebih.html

  1. Unknown said...:

    coba ada jurusan tehnik aq ikut dah!

  1. Unknown said...:

    semoga nanti ada S II_nya juga....

  1. Anonymous said...:

    Bagi Tki Indonesia di Sarawak Malaysia sudah ada atau belum?
    Mohon informasinya.

  1. Unknown said...:

    penang ada ngak

  1. Unknown said...:

    Mau daftarnya dimana.. Saya di serawak

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani