Reno : TKI Yang Tengah Diuji Penyakit Kompilasi TBC Dan Diabetes

Saturday, 30 March 2013



Reno adalah pegawai rumah makan Cyberjaya. Usianya masih terbilang muda, 28 tahun. Pemuda asal Tuban, Jawa Timur ini sudah bekerja di Cyberjaya selama hampir setahun


Sebulan terakhir kondisi badan Reno melemah. Berat badannya kini tak sampai 50kg. Dokter menyatakan ia sakit komplikasi TBC dan Gula. Untuk mengobati TBC nya, Reno sehari-hari harus ke klinik untuk minum obat TBC. Obat ini harus diminum secara continue selama 6 bulan tanpa putus. Bila putus maka prosesnya harus diulang dari awal. Mengingat badannya yang semakin kurus dan lemas, pergi bolak-balik ke klinik dengan membonceng motor tiap hari bukan hal yang mudah. Perlu tekad kuat dari dalam diri serta dukungan teman sekitar untuk membantunya menjalani proses usaha menuju sembuh.


Di sisi lain, panyakit gula yang dideritanya juga menambah ujian yang harus dihadapi semakin berat. Kadar gula dalam darah yg cukup tinggi membuatnya perlu menyuntikkan cairan insulin tiap sebelum makan dan malam sebelum tidur. Selain itu kadarnya juga mesti pas. Insulin terlalu banyak dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah terlalu rendah), sedangkan jika terlalu sedikit akan menyebabkan hiperglikemia (kadar gula darah terlalu tinggi). Keduanya berbahaya bagi tubuh.


Selama ini, biaya rumah sakit dan keperluan pengobatan dibantu oleh pemilik rumah makan tempat dia bekerja. Namun mengingat biaya pengobatan yang mahal, dan dana yang yg dapat diusahakan untuk Reno pun terbatas, tentu Sang pemilik warung tak dapat menanggung seluruh biaya hingga sembuh total.


Sebentar lagi Reno berencana pulang ke rumah orang tuanya di Tuban. Di Tuban pun keluarganya bukan termasuk golongan yg cukup mampu. Reno akan sangat membutuhkan dana untuk melanjutkan pengobatan. Selain itu ia juga adalah tulang punggung keluarga yang harus segera kembali menjadi penopang nafkah anak dan istrinya. Teman-teman yang ingin membantu berupa dana dapat transfer ke rekening berikut:


CIMB : 04060079016522 an. Gustania
CP : Gustania (gsgustania@gmail.com | +60136334335)
Seluruh dana yang terkumpul akan dibuatkan laporan pertanggungajwaban

Udah duduk dan bisa ngobrol santai :)
Suntik Insulin tiap sebelum makan dan sebelum tidur
Kartu Identitas milik Reno


Sumber : Dari sebuah catatan Siti Kholifatur Rizkiyah 

1 komentar:

  1. agen sbobet said...:

    TKI moratorium aja ke Malaysia!!!

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani