Anugerah Foto Internasional Kuala Lumpur 2013

Friday, 7 June 2013


Berawal dari informasi sekaligus tugas yang diberikan oleh tutor dalam pelatihan kelas fotografi di Edukasi Untuk Bangsa (EUB) pada hari Ahad yang lalu. Di samping tugas-tugas praktikal yang diberikan , kalau ada waktu agar menyempatkan diri datang ke pameran foto internasional di Galeri Petronas tingkat 3 Suria KLCC.

 Pada saat ini di Galeri Petronas tersebut ada pameran foto peserta The 5th Kuala Lumpur International Photoawards 2013 (KLPA). Acara ini telah berlangsung sejak 23 Mei 2013 yang lalu dan akan berakhir pada tanggal 23 Juni 2013 nanti.

Pagi tadi saya kembali lagi ke Galeri Petronas, setelah tadi malam datang agak terlambat sehingga sudah di tutup. Pameran Foto tersebut di buka setiap hari dari hari Selasa- Minggu mualai dari jam 10.00 am sampai jam 08.00 pm. Dan pada hari Senin, Galeri Petronas ini ditutup untuk orang Umum.

Galeri Petronas berada di tingkat 3 paling ujung sekali, tepat berada di pintu masuk utama (pintu keluar LRT ). Setelah  memasuki galeri Petronas, anda akan diminta mengisi buku tamu dan kemudian akan diberikan kartu tempat penyimpanan barang (Loker). Dan anda juga akan di berikan selebaran dan postcard tentang pameran KLPA tersebut.

Namun sayang kamera tidak diperbolehkan masuk, namun sempat curi-curi pakai kamera HP yang sudah diset ke silent mood (awas ini jangan ditiru..heheheh). Dan setelah mengelilingi Galeri Petronas, saya tidak menemukan penyertaan  para Fotografer Indonesia .

Para Pemenang Anugerah Foto KLPA 2013
Dari sekian penyertaan para Fotografer dunia yang mengikuti KLPA 2013 ini, akhirnya telah di pilih 3 fotografer sebagai pemenangnya. 3 Fotografer itu adalah Supranav Dash dari India, David Chancellor dari Inggris dan Lim Ling Ling dari Malaysia.

Inilah Foto pemenang pertama :
Master Band-Party Boys, $6, On Assignment, India
Foto tersebut adalah hasil karya fotografer India , Supranav Dash yang menceritakan tentang perjuangan 5 orang pemusik dalam memperjuangkan musik tradisi secara turun temurun sejak 1800an. Namun sayang musik tersebut semakin dilupakan generasi sekarang akibat kemajuan global dan pertindihan budaya.

Inilah Foto pemenang kedua :

Hunter with giraffe, Ladysmith, South Africa (from the series 'Hunters')
Foto ini dihasilkan oleh fotografer asal Inggris, David Chancellor. Yang menceritakan tentang keterikatan antara alam, hewan dan manusia secara alami.

Inilah Foto pemenang Ketiga :

Lui De Hwa, Hokkien wayang extra actor
Foto ini adalah hasil karya Lim Ling Ling dari Malaysia, yang menceritakan Lui De Hwa seorang yang punya toko jamu Herbal China, namun karena kecintaan terhadap Opera China. Dia rela menjadi aktor sekaligus pembantu di belakang layar.

Ternyata dalam fotografi tersebut kita harus ada keterikatan antara sang fotografer dengan sang model . Dari apa yang saya perhatikan dari sekian foto-foto di pameran disana ada kekuatan emosional yang dapat dirasakan.

Mungkin ini sangat berguna bagi para calon fotografer, bahwa software editing foto seperti photoshop bukan segalanya. coba kita perhatikan kata-kata salah seorang juri didalamnya :

"Sebagian besar daya tarik sebuah potret itu adalah karena wajah modelnya.oleh karena itu , sejauh manakah kita mengatakan bahwa sebuah potret yang hebat adalah hasil dari penafsiran dan campur tangan fotografernya ?
Adakah dengan mengambil foto seorang wajah yang menarik dan atau terkenal akan mengurangkan peran serta fotografernya ?
Mungkin sebagai mendukung pernyataan saya yang kedua, di dapati sejumlah penyertaan pada kali ini banyak menggunakan photoshop untuk memanipulasikan foto mereka untuk menambah nilai estetikanya. ini bukan perkara baru, sejan zaman analog, seorang fotografer juga bergantung kepada tehnik kamar gelap untuk meningkatkan mutu karya foto mereka."
Untuk Informasi tentang program istimewanya yang erkaitan dengan pelatihan dan workshop tentang fotografi dalam rangka pameran KLPA ini, silahkan layari :
http://klphotoawards.blogspot.com/2013/05/klpa-photoweek-2013-public-program.html

Semoga bermanfaat




0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani