Saptuari Bikin Sakit Hati TKI Malaysia

Tuesday, 11 June 2013

Saptuari Sugiharto

Siapa sih Saptuari itu yang berani-beraninya membuat sakit hati sekitar 200an TKI ? Dan siapa sih Saptuari yang dengan kata-kata sadisnya membius pemikiran TKI di Malaysia. Tentunya anda akan  penasaran bukan ?  Namun bagi anda yang mempunyai akun twitter , pastinya akan tahu sang motivator kewirausahaan ini yang terkenal dengan inisiasi "Sedekah Rombongannya".

Saptuari Sugiharto adalah salah satu pengusaha muda yang banyak meraih penghargaan di bidang kewirausahaan di Indonesia. dan penghargaan yang teranyar adalah pemenang " Young Enterpreneur Franchise Award 2010. Sang motivator yang akrab dipanggil Mas Saptu ini berasal dari kota Gudeg merupakan pemilik Kedai digital usaha percetakan yang memiliki lebih dari 60 cabang di 36 kota di seluruh Indonesia.
Pembicara utama dalam UTVaganza UT-KL

Saptuari yang terkenal dengan tagline "sakit hati " dan tweet-tweet sadisnya hadir sebagai pembicara  dalam acara UTVaganza di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) hari Minggu kemarin. UTVaganza merupakan  salah satu program kerja Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Universitas Terbuka kelompok belajar Kuala Lumpur (UT-KL). Di samping itu, dalam rangka pengenalan UT-KL terhadap para TKI di Malaysia.

TKI Harus Berani Kreatif Bikin Bisnis

Itulah tema program UTVaganza yang dijadikan alasan PPI UT-KL mengundang Saptuari ke Kuala Lumpur agar mau berbagi tip dan trik kesuksesannya di bidang kewirausahaan. Dengan wajah lucu dan guyonan khas  nya, Saptuari membuka presentasinya di hadapan sekitar 200an audiens yang umumnya adalah para TKI di Malaysia.
Salah seorang peserta sedang tanya jawab seputar enterpreneurship


Saptuari membuka presentasinya tentang kesuksesan diri dan beberapa teman-temanya yang membuat sakit hati para audien. Sakit hati dalam hal ini adalah  beliau mampu membuka pemikiran para audien untuk berwira usaha dan sukses seperti diri dan teman-temannya. Beliau memberikan kiat-kiat khusus dalam memulai sesuatu wira usaha hendaknya :

  • # Tekun dan fokus 
  • # Kreatif dan mampu menembus batas Usaha Kreatif Milyuner (UKM)
  • # Senantiasa berinovasi
  • # Putuskan Urat Malu
  • # Berbisnis  yang bersangkutan dengan kesukaanya (hobbi)
  • # Memperbanyak relasi (networking)
  •  # Senantiasa mencari celah-celah dalam hal meningkatkan wira usahanya
  •  # Libatkan TuhanMu jika mempunyai masalah dan mengalami kegagalan

"Terlalu banyak peluang dimana-mana, Di dunia ini semuanya bergerak. Diam berarti mati dan berhenti pasti terlindas".

Kata Saptuari ketika menjelaskan bahwa dunia enterpreneur itu terbuka untuk siapa saja dan tidak mengenal aneka gelar dan pangkat.

Sedekah Rombongan Ciri Khas Saptuari

Di samping itu Cak Saptuari juga menjelaskan wira usaha  dari sisi agama Islam. Beliau menyebutkan sebuah hadist bahwasannya sembilan dari sepuluh pintu rezeki adalah ada dalam perdagangan/bisinis. Dan  kegagalan serta timbulnya masalah dalam wira usaha itulah adalah hal yang lumrah. Untuk itu solusinya adalah dengan cara melibatkan Tuhan di dalam wira Usaha kita.

Salah satu caranya adalah melalui sholat Dhuha, Karena di dalam dunia enterpreneur gelar dan titel tidak diperlukan kecuali Gelar Sajadah. Saptuari menghubungkan dengan apa yang disampaikan Ustadz yusuf Mansur yang menganalogikan Sholat Dhuha sebagai berikut :

  • 2 rakaat dalam sholat Dhuha artinya minta kunci rezeki
  • 4 rakaat dalam sholat Dhuha artinya mengambil kunci rezeki.
  • 6 rakaat dalam sholat Dhuha artinya memasukkan kunci ke lubang pintu rezeki.
  • 10 rakaat dalam sholat Dhuha artinya memutar kunci rezeki.
  • 12 rakaat  dalam sholat Dhuha artinya mengambil itu rezeki.

Di samping itu Saptuari juga memberikan pemahaman tentang makna "sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain ". Beliau juga mengaitkan dengan sebuah ayat dalam sebuah Surat diAl-Qur'an yaitu Al-Mauun. Bahwasanya orang di sebut pendusta adalah salah satunya menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin.

Jadi apabila seseorang itu telah berhasil dalam usahanya, diharapkan tidak melupakan orang lain dan lingkungannya. Maka dari itulah timbul ide Sedekah Rombongan , Dimana apabila ada orang lain yang kesusahan atau orang miskin yang mempunyai penyakit akut/kronik. Maka Sedekah Rombongan akan mewartakan melalui twitter, kemudian bersedekah beramai-ramai yang dikumpulkan dan dikirimkan pada rekening sedekah rombongan. Alhamdulillah pada acara UTVaganza kemarin, berhasil mengumpulkan sebanyak RM 3345 atau sekitar RP.10 juta.

Ternyata Dunia Enterpreneur terbuka untuk siapa saja dan dunia enterpreneur tidak membutuhkan gelar atau titel apapun. Hanya usaha yang tekun dan fokus serta tidak takut terhadap sebuah kegagalan.

Semoga bermanfaat
salam dari Kuala Lumpur











12 komentar:

  1. Anonymous said...:

    Sangat bermanffaat

  1. mahfudz tejani said...:

    Terima kasih atas apresiasinya

  1. Ila Rizky said...:

    inspiratif! aku sering baca twit-twitnya. keren :)

  1. KITT said...:

    liat judulnya kirain kriminal, e. ternyata bagus2.. :D

  1. Unknown said...:

    Kapan datang dan sharing ilmunya untuk BMI HK BUNG....

  1. Unknown said...:
    This comment has been removed by the author.
  1. mahfudz tejani said...:

    mbak Ila Rizky @ memang twit-twitnya semua sadis dan bikit sakit hati heheheh

    Kitt @ heheheeh Terima kasih ya sudah mampir

    Warsini @ Semoga BMI HK selanjutnya akan di bikin sakit hati juga. Katanya di Korea sudah..

  1. Sujiati said...:

    Inspiratif banget ... Setuju n suka (y)

  1. mahfudz tejani said...:

    Mbak Sujiati @ terima kasih semoga bermanfaat

  1. Unknown said...:

    Insya Allah bermanfa'at..

  1. Eko Okda said...:

    Alhamdulillah,, dpt bacaan yg bermanfaat.
    Jazakallaahu khoiron.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani