Di Malaysia : Bandung Mempunyai Arti Berbeda

Tuesday, 15 July 2014

Mi Bandung Muar
Mendengar kata "Bandung", pastinya pemikiran kita membayangkan kota Bandung yang identik dengan sebutan kota Kembang atau Paris Van Java di Jawa Barat. Dan kota Bandung merupakan salah satu tujuan utama turis Malaysia ke Indonesia. Dengan penerbangan terus dari Kuala Lumpur - Bandung yang hanya memakan waktu 2 jam, turis Malaysia ada dua alasan berlibur ke Bandung. Yang pertama adalah adanya gunung Tangkuban Parahu dan yang kedua adalah syurganya  shopping maniak.

Tapi tahukah anda , bahwa kata "Bandung" mempunyai arti berbeda di Malaysia. Sebenarnya kata "Bandung" adalah sebuah kata di dalam bahasa Melayu yang menjadi cikal bakal kepada bahasa Indonesia dan bahasa Melayu di Malaysia. Namun kurang digunakan didalam percakapan dan pergaulan sehari-hari. Bahkan orang Melayu sendiripun , banyak yang tidak tahu apa makna sesungguhnya kata "Bandung" tersebut.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata"Bandung" mempunyai arti benda yang dirangkaikan (dua buah) atau pasang. Sebandung berarti  1. dua serangkai, dua benda yang dirangkaikan : Sepasang. 2. kembar dari satu telur.

Sedangkan di dalam kamus Dewan Bahasa dan Pustaka (DBP)/ kamus bahasa Melayu(Malaysia), Kata "Bandung" memberikan arti yang sama dengan KBBI. yaitu dua benda yang dirangkaikan atau sepasang atau dua serangkai.
Namun sayang, di Malaysia sendiri kata bandung jarang digunakan lagi, dan hanya populer dalam bentuk kuliner saja.yaitu Sirap Bandung dan Mi Bandung.

Pengalaman penulis ketika pertama kali tinggal di Malaysia, penasaran dengan kuliner Sirap bandung dan mi bandung. Sempat terfikir bahwa itu adalah sebuah kuliner khas kota Bandung yang dijual pendatang asal Indonesia di Malaysia.
Ternyata sangkaan itu meleset, karena kedua kuliner tersebut tidak sangkut pautnya dengan kota Bandung.

Sirap Bandung

Sirap/sirup bandung adalah jenis kuliner berbentuk minuman yang terdiri dari susu kental manis/krimer dicampur dengan sirup bunga mawar. Namun sekarang sudah ada yang ditambahi dengan cincau/jelly hitam dan biji selasih.

Sedangkan mi bandung adalah sebuah masakan tradisional terkenal berasal dari kota Muar, Johor. sebuah kuliner yang terdiri dari mi dan telur saja dengan aneka bumbu termasuk belacan dan ebi didalamnya. Namun sekarang sudah ditambah dengan udang, aneka sayur, daging dan fish ball.

Banyak hikmah didalam sebuah perantauan, ianya memperkaya pengalaman, menambah wawasan, menambah persaudaraan dan persahabatan dan mengenali budaya serta bahasa orang lain. Sungguh ini adalah sebuah nikmat dari Sang Khalik kepada hamba_Nya, bahwa Bumi_Nya teramat luas untuk dijelajahi dan didatangi

Salam dari Kuala Lumpur

4 komentar:

  1. Rosiy Wibisono said...:

    Enak banget itu makanannya, esnya seger:99 Mau dong:D

    Salam dari Galassia del Sogno | http://gebrokenruit.blogspot.com/

  1. Unknown said...:

    Owhh...dikira emang orang bandung yang buat, trus terkenal di malaysia..

  1. Unknown said...:

    Terima kasih bang M Fathur Rosiy..
    nanti saya paketkan ya...
    hehe
    segera meluncur ke lapaknya

    salam

  1. Unknown said...:

    Klo begiti kita senasib ya makcik..
    hehe

    kutunggu dirimu di pesantren UTRamadhan

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani