Intai Buku : Green Card, Kartu Ajaib Impian Para Imigran

Tuesday, 12 August 2014


Sudah lumrah manusia, senantiasa mempunyai keinginan dan cita-cita untuk berubah. Baik dari pekerjaan, status sosial dan semua yang mempengaruhi kehidupannya. Begitu juga rakyat Indonesia karena keinginan berubahnya yang kuat, Jiwa perantaunya yang diwarisi secara turun temurun oleh nenek moyang kita tetap bergelora sepanjang zaman. Mulai dari Urbanisasi, Transmigrasi bahkan menjadi imigran ke luar negeri baik secara legal dan ilegal.

Petualangan demi petualangan yang dialami mereka, seakan menjadi cerita bisu menemani perjalanan bangsa Indonesia. Lihatlah anak-anak bangsa yang bertaburan di semenanjung Malaysia, Asia Timur seperti Hongkong, Taiwan dan Korea. Bahkan ke Timur Tengah mulai dari Qatar hingga Arab Saudi. Namun apa kita pernah membayangkan, Bahwa anak-anak Bangsa itu bukan hanya bertaburan Benua Asia saja ? Lihatlah di Australia ! Di  benua Eropa bahkan sampai benua Amerika
Apa yang mereka cari ? sebuah penghidupan yang lebih layak dan lebih baik dari sebelumnya yang terasa sulit tercapai di negerinya sendiri.

Membaca sebuah novel Green Card karya Dani Sirait ini memberikan inspirasi dan pengetahuan baru. Bagaimana kita bertahan hidup dan bagaimana cara mengakali hidup di sebuah kota yang tak pernah diam dan berhenti dengan kehidupannya seperti di kota New York, Pintu gerbang ekonomi Amerika Serikat. Ada lebih 60 ribu orang Indonesia saja yang tinggal di Amerika Serikat baik yang berstatus "Illegal Immigrants" maupun yang mempunyai kartu istimewa seperti Grenn Card.

Green Card adalah sebuah kartu identitas yang membuktikan status penduduk tetap (Permanent residence) di Amerika Serikat untuk tinggal dan bekerja secara permanen. Namun tidak mempunyai hak dan kewajiban untuk memilih dan dipilih.

Bagi Imigran, Green Card adalah sebuah kartu sakti dan menjadi sebuah impian untuk bekerja dan hidup lebih nyaman  di Amerika.Sebagai seorang mantan Kepala Biro Kantor Berita Antara di New York, Dani Sirait mempunyai banyak kisah di sebalik Green Card yang di sampaikan melalui cerita novel.

Kita akan dibawa menjelajahi dan berpetualang bersama-sama dalam mendapatkan kartu sakti tersebut. Bagaimana para imigran asal Indonesia masuk ke Amerika ? Bagaimana cara mendapatkan sebuah Green Card ? Ternyata dalam mendapatkan kartu impian tersebut, seribu cara di gunakan dan dilakukan oleh imigran asal Indonesia.

Ada yang melalui perkawinan dengan warganegara Amerika yang secara otomatis mendapatkan Green Card, dan ada juga yang mengawini pemegang Green Card itu sendiri baik sesama warganegara Indonesia maupun warganegara asing lainnya. Melalui perkawinan yang terakhir itu tersebut, banyak terjadi pemerasan dan intimidasi terhadap pemburu Green Card itu sendiri.

Bagi saya pribadi, novel ini adalah kisah nyata sebagian para imigran asal Indonesia yang berada di Amerika. Dan banyak inspirasi yang saya dapatkan dari novel ini. Intinya sebuah hidup itu membutuhkan sebuah perjuangan dan pengorbanan. Apalagi sebagai imigran atau tenaga kerja Indonesia yang bertebaran di seluruh dunia.

Ada yang saya garis bawahi dari ucapan tokoh dalam novel ini yaitu Rafli kepada kawannya :
"Jadi walaupun media-media di Indonesia selalu bilang bahwa kita adalah pahlawan devisa, sebutan itu nggak perlubuat kita.
Karena yang jauh lebih penting, kita adalah pahlawan buat kita sendiri dan buat keluarga kita.
Tidak ada yang bisa diandalkan  selain diri kita sendiri dan keluarga kita"

Dani Sirait memberikan presentasi tentang novelnya dihadapan para WNI di Kuala Lumpur

Foto Bareng bersama para WNI

Aksi spontan sepasang WNI dengan novel Green Card



0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani