My WNI Peduli Lancarkan Bank Sandang

Monday, 15 September 2014


Pelancaran Bank Sandang oleh My WNI Peduli dan MS Cargo



Kepedulian terhadap sesama para Warganegara Indonesia (WNI) di perantauan khususnya Malaysia begitu kuat sekali. Ibarat pepatah mengatakan “ Cubit paha kanan, paha kiri pun terasa” , dengan artian penderitaan dan permasalahan sesama bangsa dan setanah-air dirasakan bersama-sama.

Bentuk kepedulian tersebut ada yang direalisasikan dalam bentuk memberikan edukasi tambahan kepada para WNI khsususnya para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Seperti memberikan pelatihan dan kursus komputer serta bahasa Inggris secara gratis. Dan ada pula merealisasikan kepedulian tersebut dalam bentuk bantuan moril dan materiil yang terbentuk dalam sebuah komunitas- komunitas sosial.

Salah satu komunitas tersebut adalah Komunitas sosial “My WNI Peduli”, yang bergerak dalam bidang sosial . My WNI Peduli adalah sebuah komunitas non profit dan non politik yang diprakarsai oleh para WNI dengan berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswa, Ekspatriat hingga para teman-teman TKI yang begitu berkomitmen dengan rasa kepduliannya.

Seperti mana yang dikatakan salah seorang  pemrakarsa dan pendiri My WNI Peduli , Luki Ardianto mengatakan :

“Berangkat dari rasa kepedulian yang begitu tinggi, maka kami dan beberapa teman-teman membuatkan sebuah tempat  untuk mewadahi rasa kepedulian itu. Komunitas ini  adalah murni sosial tidak bertujuan mencari keuntungan dan bukan kendaraan politik siapapun.”


Luki juga menambahkan, bahwa MY WNI Peduli tidak dapat membantu teman-teman WNI yang mempunyai masalah hukum atau berhubungan dengan kriminalitas serta permasalahan yang berhubungan dokumen mulai dari pasport hingga visa kerja.

Beberapa gerakan sosial telah dilaksanakan oleh komunitas ini, seperti penggalangan dana untuk beberapa kasus kebekaran di rumah kongsi (rumah tinggal sementara para pekerja bangunan di Malaysia), menggalang dana bantuan untuk teman-teman WNI yang terlantar sakit atau terlantar di rumah sakit dan tak mampu membayar uang pengobatan. Bahkan ikut berpartisipasi dalam menggalang dana bantuan untuk bencana di tanah air seperti bencana gunung Sinabung dan gunung Kelud.

Launching Bank Sandang (Pakaian Layak Pakai)
Berawal dari pengalaman penggalangan kasus kebakaran beberapa waktu lalu,  ternyata bantuan sandang seperti baju dan perlengkapan sembahyang begitu diperlukan sekali. Dalam hal ini, untuk mengumpulkan barang-barang sandang ini membutuhkan waktu 2-3 hari untuk pemungutan dan penyortiran. 

Jadi berdasarkan pengalaman tersebut, My WNI Peduli berniat membuka dan menerima bantuan barang-barang sandang secara bertahap tanpa menunggu kasus atau bencana datang. Maka dibentuklah gerakan pengumpulan barang-barang Sandang dengan mengambil nama “Gerakan Bank Sandang”. 
Disamping untuk persiapan bencana, bank sandang juga akan mengirimkan barang-barang tersebut secara berkala  ke beberapa panti asuhan atau yayasan yang terpilih di Indonesia dengan sejumlah uang yang telah disepakati.

Ternyata niat dan rencana tersebut mendapat dukungan dari Mandiri Sejahtera (MS) Cargo, sebuah perusahaan pengiriman barang door to door antara Malaysia-Indonesia. MS Cargo bersedia membantu menyampaikan paketan bank sandang My WNI Peduli ke tempat tujuan di Indonesia.

Aneka sticker, pin dan kaos untuk menampung dana kas My WNI Peduli

Minggu 14 September 2014 kemarin, Pelancaran Gerakan Bank Sandang bersama MS Cargo tersebut telah dilaksanakan di restoran Indonesia Es Teler 77 di sebelah Central Market pasar Seni Kuala Lumpur. Dalam pelancaran yang diadakan secara sederhana tersebut, juga diadakan penjualan kaos, sticker serta pin untuk menambah kas dana My WNI Peduli.


"MS Cargo senantiasa mendukung langkah positif yang ditunjukan teman-teman yang mempunyai kepedulian dan rasa sosial yang tinggi. " , tegas Irzal Maryanto Husaini, Manager Marketing MS Cargo disela-sela sambutannya dalam pelancaran bank sandang kemarin.


Apapun bentuk kepedulian anda terhadap bangsa dan negara, harus direalisasikan secara nyata. Ada banyak bentuk dan ragam untuk kita berbuat lebih baik dan berusaha menjadi lebih bermanfaat kepada sesama manusia. Seperti mana sabda Nabi Muhammad SAW yang dibacakan sebelumpembacaan doa kemarin,
Khoirunnasi Amfa’uhum lin Nas yang artinya adalah “Sebaik-baik manusia, adalah yang bermanfaat kepada manusia lainnya”.

Salam Peduli.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani