Mengumpulkan Sampah, Suporter Indonesia Tuai Respon Positif

Saturday, 19 August 2017



“Ini hanya bentuk spontanitas daripada kami dan sebagai bentuk rasa tanggung jawab setelah melihat banyaknya sampah berselerakan di tribun yang ditempati suporter Indonesia.”

Totalitas suporter Indonesia dalam mendukung Timnas Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Lihat saja dimana Timnas bertanding pasti bergemuruh oleh laungan penyemangat, apalagi cabang olahraga yang familiar di masyarakat seperti, sepak bola, bulu tangkis, bola voli, dan lainnya.

Tidak terkecuali juga suporter Indonesia yang berada di luar negeri seperti di Malaysia. Warganegara Indonesia di Malaysia yang didominasi oleh para Tenaga Kerja Indonesia, selalunya hadir memberikan dukungan penuh kepada Timnas yang bertanding.

Salah satu cabang olahraga yang selalu penuh dan bergemuruh adalah bulutangkis dan sepakbola. Apalagi melibatkan Timnas Malaysia sebagai rivalitas pertandingannya, ianya memberikan rasa kebanggaan dan rasa nasionalis  tersendiri. Serta melibatkan keterikatan emosional antara atlit dan suporter kedua belah pihak.

Namun ada gerakan positif yang ditunjukkan oleh suporter Indonesia di Malaysia baru-baru ini, tatkala pertemuan Timnas sepakbola Indonesia melawan Filipina di Stadium Melawati Shah Alam (17/8). Mereka membawa plastik sampah dan memungut sampah-sampah yang ditinggalkan oleh para suporter. Kemudian dikumpulkan pada satu tempat untuk memudahkan petugas kebersihan mengambilnya.

Aksi yang ditunjukkan oleh Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia ini menuai respon positif dari netizen di media sosial. Disamping mendukung penuh Timnas Indonesia dengan semangat sportifitas tanpa henti, mereka juga menunjukkan aksi sosial penuh tanggung jawab demi nama baik Indonesia sendiri.

Aliansi suporter ini merupakan gabungan dari berbagai komunitas fans klub sepakbola Indonesia yang ada di Malaysia. Seperti Bonek Malaysia, Kediri Xtreme Malaysia, K-Chonk Malaysia, Viking Malaysia, Ultras Gresik, BCS Sleman, Persela, Persijap, dan lainnya.

“Ini hanya bentuk spontanitas daripada kami dan sebagai bentuk rasa tanggung jawab setelah melihat banyaknya sampah berselerakan di tribun yang ditempati suporter Indonesia.”, Ujar Luki Ardianto salah satu Koordinator Aliansi Suporter Indonesia.

“Toh, nantinya yang membersihkan nantinya adalah saudara-saudara kita juga yang bertugas sebagai petugas kebersihan stadium.”, Tambahnya .

Aksi positif yang dilakukan oleh mereka harus diberikan apresiasi, setidaknya akan menjadi ikutan suporter-suporter yang lain dimana saja berada. Dukung penuh pasukan kalian dengan spontanitas, tapi jangan lupa ada tanggung jawab yang dilakukan di sisi lainnya.
Maju jaya Timnas Indonesia !

Salam Respek dari Kuala lumpur

4 komentar:

  1. Unknown said...:

    Kebersihan sebagian dari pada iman... semangat...

  1. mahfudz tejani said...:

    Terus semangat mbak

  1. Unknown said...:

    Inilah orang INDONESIA...
    DUA JEMPOL buat mereka semua...

  1. Unknown said...:

    Bagus,sekali,ni tunjukkan budaya indonesia yg ramah lingkungan,,,,

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani