Merahkan Stadion, Tinggalkan Atribut Klub Dan Komunitasmu !!

Thursday, 24 August 2017



Kefanatikan rakyat Indonesia dalam mendukung sesuatu, tidak perlu diragukan dan mendapat pengakuan dunia. Fanatik kepada klub olahraga, organisasi masyarakat dan politik, band musik, atlit, hingga tokoh agama maupun tokoh politik.

Namun kefanatikan itu harus proporsional, fanatik yang tidak berlebihan dan meletakkan rasa fanatik itu sesuai porsi, situasi dan kondisinya. Pastinya akan terasa janggal sekali, apabila rasa fanatisme politik terbawa-bawa ke dalam ranah agama, jiwa fanatisme musik terbawa-bawa ke ranah olahraga.

Pada ajang penyisihan grup B sepak bola Sea Games 2017 yang lalu, dimana Timnas Vietnam melawan Timnas Indonesia. Keantusiasan rakyat Indonesia dalam mendukung timnasnya patut diacungi dua jempol dan diberikan apresiasi yang luar biasa.

Mereka datang berbondong-bondong memenuhi Stadium Selayang dari berbagai daerah di Malaysia. Mereka rela meluangkan waktunya, hanya untuk sekedar menyemangati Timnasnya yang sedang berlaga di medan olahraga. Mayoritas datang memakai atribut warna merah, untuk menunjukkan kekompakannya dalam satau warna mendukung Timnas Indonesia.

Namun sayang, momen baik yang seharusnya menjadi saat tepat untuk menjadi alat pemersatu keanekaragaman, Masih ada segelintir suporter yang membawa fanatisme klub ke ranah nasional. Masih ada sebagian supoter yang fanatik dengan komunitasnya terbawa-bawa dalam mendukung Timnas Indonesia.

Semuanya itu tidak salah, hanya kurang tepat situasi dan kondisinya. Pastinya kurang sesuai, apabila mendukung Timnas , tapi bendera klub lebih besar dari bendera Indonesia. Rasanya kurang tepat waktunya apabila menonton bola , tapi bendera komunitasnya lebih berkibar dari Sang Saka Merah Putih.

Ayo tinggalkan atribut klub daerahmu, untuk bersatu memerahkan stadion dimana Tim Nasional berjuang ! Ayo tinggalkan atribut komunitasmu, Untuk bersatu suara menyemangati pahlawan kita berlaga di medan olahraga!

Kita yakinkan bahwa kita mampu merubahnya untuk kebaikan dan kebangkitan olahraga Indonesia. Kita satukan suara, untuk sama-sama mendukung Indonesia dalam satu warna dan satu suara.
Ayo Indonesia Bisa !!

Salam Olahraga

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani