Naga Itu Mengekori Paslon Politik

Wednesday, 18 April 2018


Saya yakin, semua pasangan calon (Paslon) di setiap pemilihan umum ada naga-naga yang mendukung di belakangnya. Jangankan pemilihan Capres atau Cagub, pemilihan Calon kepala desa (Cakades) saja ada naga-naga juga di belakangnya.
Entah Naga itu berasal dari Naga lokal/pribumi atau naga asing. Entah Naga itu berdiri sendiri, Naga Institusi atau berbentuk negara. Semuanya ada kepentingan dalam setiap paslon yang didukungnya. Tergantung kapasitas dan kepentingan atas paslon di kawasan teritorial yang menjadi daerah pemilihannya.
Kepentingan itu bisa berbentuk kemudahan ekonomi, dalam setiap proyek yang dikendalikan dalam wilayah Paslon yang didukungnya. Atau setidaknya dapat mempengaruhi setiap kebijakan lokal atau negara, tergantung kapasitas paslon yang didukungnya.
Tidak ada dana kampanye yang gratis dalam setiap pemilihan, ianya meminta timbal balik dan pulangan atas uang, barang atau jasa yang disumbangkan dan dikeluarkan. Baik dana kampanye yang realitas/ transparan atau abu-abu, semuanya meminta bagian, apabila paslon yang didukungnya menang.
Dana abu-abu disini maksudnya adalah dana kampanye yang tak tertulis sesuai ketetapan dan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum No 13 Tahun 2016 pasal 7 tentang Dana Kampanye.
Apabila mengikuti dana kampanye yang dibatasi sesuai peratuaran di atas , dana tersebut paling tidak hanya mampu mencetak kaos dan baliho saja. Jadi darimana datangnya biaya pencitraaan, biaya sembako, biaya iklan dan biaya serangan fajar ? Yah pastinya Naga-naga tersebut yang menyediakan.
Jadi siapapun calonnya, entah itu Pilpres, Pilgub, Pilbup atau Pilkades, ada naga-naga yang mendukung di belakangnya. Dan dimanapun itu pemilihan umumnya diadakan, baik di Amerika, Turki, Inggris, Iran, Malaysia hingga Indonesia, ada naga-naga di belakangnya.
Yang penting pilihlah sesuai kata hati nurani, yang paling banyak manfaatnya, paling sedikit mudharatnya bagi rakyat di kawasan tersebut dan umat manusia pada umumnya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar-komentar anda
Saya akan berusaha membalasnya semaksimal mungkin

 
Mahfudz Tejani © 2011 | Designed by Mahfudz Tejani